Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab

Arti Sila Kemanusiaan Yang Adil Beradab

Kemanusiaan berasal dari kata manusia, yakni makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, yang memiliki potensi, pikir, rasa, karsa dan cipta. Karena potensi ini manusia mempunyai, menempati kedudukan dan martabat yang tinggi. Kata adil mengandung makna bahwa suatu keputusan dan tindakan didasarkan atas ukuran / norma-norma yang obyektif, dan tidak subyektif, sehingga tidak sewenang-wenang.

Kata beradab berasal dari kata adab, artinya budaya. Jadi adab mengandung arti berbudaya, yaitu sikap hidup, keputusan dan tindakan yang selalu dilandasi oleh nilai-nilai budaya, terutama norma sosial dan kesusilaan / moral. Kemanusiaan yang adil dan beradab mengandung pengertian adanya kesadaran sikap dan perbuatan manusia yang didasarkan kepada potensi budi nurani manusia dalam hubungannya dengan norma-norma dan kebudayaan umumnya. Potensi kemanusiaan dimiliki oleh semua manusia di dunia, tanpa memandang ras, keturunan dan warna kulit, serta bersifat universal.

Kemanusiaan yang adil dan beradab bagi bangsa Indonesia bersumber pada ajaran Tuhan Yang Maha Esa yakni sesuai dengan kodrat manusia sebagai ciptaanNya.

Pokok pikiran dari sila kemanusiaan yang adil dan beradap sbb:

  1. Menempatkan manusia sesuai dengan tempatnya sebagai mahluk tuhan,Maksudnya itu mempunyai sifat universal.
  2. Menjunjung tinggi kmerdekaan sebagai hak segala bangsa.ini juga universal,bila di terpkan di indonesia barang tentu bangsa indonesia menghargai dari setiap warga negara dalam masyarakat indonesia.sila ini mengandung prinsip menolak atau menjauhi suatu yang bersumber pada ras.dan mengusahakannn kebahagiaan lahir dan batin.
  3. Mewujudkan keadilan dan peradapan yang tidak lemah.yang dituju bangsa indonesia adalah keadilan dan peradapan yang tidak pasif.,yaitu perlu pelurusan dan penegakan (hukum) yang kuat jika terjadi penyimpangan.keadilan harus direalisasikan dalam kehidupan masyarakat. Manusia di tempatkan sesuai dengan harkatnya.manusia mempunyai derajat yang sama denan hukum.

 

Hak kebebasan dan kemerdekaan dijunjung tinggi.dengan adanya prisip ini jika dalam masyarakat ada kelompok ras,kita tidak boleh bersifat ekslusif menyendiri satu sama lain.Di indonesia dasar hidup masyarakat persatuan dan kesatuan yang jika di hubungkan dengan prinsip kemanusiaan itu,maka rasionalismeharus tidak ada.oleh karena itudi indonesia diharapkan selalu tumbuh dan berkembang kebahagiaan lahir dan batin.

 

Mewujudkan keadilan dan peradaban yang tidak lemah berarti diusahakan perwujudannya secara positif.jika ada hal yang menyimpang dari norma-norma dan nilai-nilai yang berlaku,harus dilakukan tindakan yang setimpal.Prinsip manusia adalah nilai-nilai yara di masyarakat indonesia sudah terpelihara sejak dahulu.nilai itu di perkuat dengan datangnya agama besar di indonesia dan di anut bangsa indonesia.suasana demikian itu menumbuhkan suasana keakrapan,walaupun pada masa dahulu semangat ini mulai kendor, karena fenomena disintregasi yang menampilkan konflik yang disertai dengan tindakan anarkis kekerasaan,dan tindakan yang merendahkan martabat manusia.landasan kehidupan masyarakat indonesia beranjak dari senasib dan sepenanggungan dan kemanusiaan dalam arti luaspersaudaraan dalam arti luas dan meneruskan kebiasaan setia secara mufakat.

Sila kedua yang  berlambang rantai, yang artinya mata rantai yang berbentuk segi empat melambangkan laki-laki sedangkan lingkaran adalah perembuat. Mata rantai yang saling berkait pun melambangkan satu sama lain dan perlu bersatu sehingga menjadi kuat seperti rantai.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s